14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan

14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan - Hallo sahabat Berbagi info kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biji, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan
link : 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca juga


14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat biji selasih untuk kesehatan dan kecantikan. Masih asing dengan nama biji selasih? Biasanya biji selasih ini dugunakan sebagai campuran atau perlengkapan berbagai minuman dingin. Biji selasih ini memiliki warna hitam kecil dan luarnya dikelilingi warna putih bening, dan memiliki ukuran yang besarnya hampir seukuran dengan wijen. Biji selasih itu sendiri berasal dari bunga kemangi yang sudah kering, dan biji tersebut direndam lama hingga muncul selaput berwarna putih bening dibagian luarnya.

Biji selasih sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Biji selasih memiliki kandungan yang beragam, seperti eugenol, tymol, metal eugenol, vitamin, lemak, dan serat. Eugamol berfungsi sebagai fungisida dalam tubuh, tymol memiliki fungsi repellent atau penghalau serangga, antibiotic yang akan melawan bakteri, dan metal eugenol sebagai atraktan atau pemikat.

Selain itu, biji selasih juga mengandung minyak astiri seperti linalool, methyichavicol, citral, geraniol, ocimenen, 1.8 cincole, encalyptole, himonene, eugenol methylether, furfural, methyl cinnamate, dan farnesol. Semua kandungan tersebut sangat baik dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Nah, berikut ini beberapa manfaat biji selasih untuk kesehatan dan kecantikan:
14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menguatkan sistem imun dalam tubuh

Biji selasih memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang berperan sangat penting dalam kesehatan tubuh, yaitu dalam meningkatkan dan menguatkan imunitas dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi biji selasih secara rutin, maka sistem imun tubuh akan lebih meningkat dan kuat. 

2. Mampu mengobati batuk

Antispasmodic yang terkandung dalam biji selasih mampu membantu menyembuhkan batuk rejan. Anda dapat memanfaatkan biji selasih untuk menyembuhkan batuk anda. Sebab, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan biji selasih ini untuk ekspektoran dan obat batuk dengan mencampurkan biji selasih pada secangkir teh yang dapat juga mengencerkan dahak. Konsumsilah sampai benar-benar batuknya reda.

3. Mampu meredakan stres

Orang juga tidak jarang menjadikan biji selasih sebagai bahan aromaterapi karena ia memiliki efek menenangkan dan dapat memperbaiki suasana hati. Selain itu, biji selasih atau biji bunga kemangi dapat menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migran dan mengurangi depresi. Jadi sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan pikiran anda yang tidak tenang, cemas, atau sebagainya. Anda cukup menyeduh 5gr biji selasih pada 200 cc air lalu minumlah ketika masih hangat dan campurkan madu serta jeruk nipis secukupnya. 

4. Dapat menahan rasa lapar

Bagi anda yang sedang diet, biji selasih dapat digunakan sebagai alternetif untuk menahan rasa lapar anda. Serat yang terkandung dalam biji selasih akan membantu membuat perut anda terasa kenyang lebih lama. Biji selasih ini juga dapat menyehatkan usus karena menghambat konversi pati menjadi gula dan mengurangi penyerapan toksin dalam tubuh. 

5. Membantu menghilangkan insomnia

Jika anda memiliki masalah susah tidur atau bahkan tidak bisa tidur, anda juga bisa memanfaatkan biji selasih. Biji selasih ini efektif membantu menghilangkan masalah insomnia. Rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung biji selasih akan dapat mengurangi rasa gelisah yang berlebihan atau susah tidur.

6. Menyembuhkan sakit gigi

Untuk memanfaatkan biji selasih sebagai obat sakit gigi, anda cukup meminum hasil rebusan 10 gram biji selasih yang dicampur dengan 4 butir cengkeh. Kombinasi bahan alami tersebut dapat membantu meredakan sakit gigi. Minumlah saat masih dalam keadaan hangat agar efeknya lebih maksimal. 

7. Menyembuhkan sakit kepala

Anda juga dapat menyembuhkan rasa sakit yang terdapat pada kepala anda, yaitu dengan memanfaatkan biji selasih. Mengkonsumsi 5 biji selasih yang sudah direbus dengan air panas dengan tambahan madu akan dapat membantu meredakan rasa sakit kepala yang anda alami. 

8. Mengurangi efek buruk nikotin

Biji selasih juga dapat membantu mengurangi efek buruk yang disebabkan oleh racun nikotin. Biji selasih akan meminimalisir efek negatif dari nikotin yang telah dihirup bersama rokok. Namun bagian yang paling utama yang lebih efektif adalah daun dari biji selasih. 

9. Menyembuhkan sembelit dan perut kembung

Sembelit memang terasa tidak nyaman dan sangat mengganggu. Untuk mengobatinya, anda dapat memanfaatkan biji selasih. Biji selasih mampu membantu menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Selain itu juga dapat menyembuhkan kram perut dan berak tidak teratur. 

10. Meredakan gangguan pernafasan

Bagi anda yang memiliki masalah pada prnafasan anda, anda jangan panik. Manfaatkanlah biji selasih sebagai obat alami untuk menyembuhkan. Campurkan minuman jahe dengan biji selasih dan madu. Campuran tersebut dapat digunakan sebagai obat alami mengatasi gangguan pernafasan seperti asma dan bronkitis. Semua bahan campuran tersebut rebuslah dengan air segelas. 

11. Menyembuhkan luka serta infeksi pada kulit

Luka yang terdapat pada kulit jika dibiarkan saja memang bisa menyebabkan infeksi. Untuk mengatasi atau menyembuhkannya yaitu dengan memanfaatkan biji selasih. Biji selasih memiliki kandungan yang dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kulit dan luka di tubuh. 

12. Menguatkan tulang

Kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam biji selasih ini mampu membantu menyembuhkan sakit arthritis. Kalsium yang terdapat di dalamnya berguna untuk meningkatkan kepistiadatan tulang, serta mencegah tulang kropos atau osteoporosis. 

13. Menurunkan kadar gula dalam darah

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sutter gould medical foundation, bahwa biji selasih juga dapat digunakan sebagai obat untuk menormalkan kadar gula dalam darah pada pasien diabetes tipe 2. Selain itu, biji selasih juga dapat membantu mengontrol nafsu makan. 

14. Membantu menghaluskan dan melembabkan kulit wajah

Selain berguna untuk kesehatan, biji selasih juga dapat anda manfaatkan untuk masalah kecantikan anda. Jika anda tertarik untuk memanfaatkan biji selasih sebagai bahan alami penghalus dan pelembab kulit wajah, anda cukup menumbuk biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas, aduk hingga rata, lalu gunakan untuk lulur pada wajah. Lakukan sehari sekali menjelang mandi sore.


Demikianlah informasi tentang 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


Demikianlah Artikel 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sekianlah artikel 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan dengan alamat link https://ruangkesehatanku.blogspot.com/2020/06/14-manfaat-biji-selasih-untuk-kesehatan.html

0 Response to "14 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment