Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan - Hallo sahabat Berbagi info kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jerawat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan
link : Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

Baca juga


Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

Manfaat dan bahaya kuning telur bagi kesehatan - Bagi semua orang, telur adalah salah satu makanan yang tidak asing lagi. Bahkan telah banyak aneka makanan dan masakan yang terbuat dari campuran telur, khususnya kuning telurnya.

Berbicara tentang kuning telur, memang ada banyak manfaat yang terdapat di dalamnya. Bahkan dengan mengkonsumsi kuning telur secara teratur dapat membantu meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan memori otak dalam mengingat suatu hal.

Namun selain manfaat, kuning telur juga memiliki efek bahaya bagi kesehatan tubuh. Ya, bukan hanya manfaat saja yang didapatkan, jika mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan maka akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Nah, berikut ini manfaat dan bahaya kuning teluar bagi kesehatan:
Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

Manfaat kuning telur

1. Meningkatkan kinerja otak

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kuning telur dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Sehingga sangat baik untuk perkembangan otak anda. Hal ini dikarenakan kuning telur mengandung asam amino, DHA, dan klorin. Kombinasi kandungan tersebut mampu membantu meregenerasi sel-sel syaraf dengan lebih baik dan efisien.

2. Menguatkan tulang dan gigi

Kuning telur memiliki kandungan vitamin A, D, E, K, dan B6 dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan vitamin tersebut dapat membantu menguatkan struktur pada tulang dan gigi. Sangat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil, menyusui, atau pada anak-anak yang masih dalam menyusui.

3. Meningkatkan stamina

Jika anda ingin meningkatkan stamina tubuh anda, anda bisa memanfaatkan kuning telur. Berdasarkan riset oleh para ahli kesehatan menemukan fakta bahwa kolesterol dalam kuning telur adalah bahan dalam produksi hormon laki-laki. Dengan demikian, akan sangat membantu laki-laki selalu memiliki vitalitas yang maksimal.

4. Menunda lapar

Bagi anda yang sering merasa lapar, anda tidak perlu khawatir. Dengan mengkonsumsi kuning telur, anda akan terbebas dari rasa lapar lebih lama. Hal ini karena kandungan nutrisi pada kuning telur yang cukup besar. Bahkan berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa kuning telur bisa menghasilkan rasa kenyang lebih baik daripada sepotong roti.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Kuning telur juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda. Bahkan kuning telur ini bisa anda jadikan sebagai masker untuk perawatan kulit anda, terutama pada kulit wajah anda. Kandungan vitamin E dan antioksidan di dalamnya dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit yang sekaligus membantu meregenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Bahaya kuning telur

1. Sangat tinggi kolesterol

Kuning telur sangat tinggi akan kandungan kolesterolnya. Kolesterol yang tinggi ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan kolesterol pada sebutir telur rata-rata sebanyak 180 sampai 200 mg. Sedangkan kolesterol yang dibutuhkan tubuh per hari adalah sebesar 300 sampai 350 mg per hari. Dengan demikian, kebutuhan kalori bisa terpenuhi hanya dengan 2 butir telur sehari. Jika berlebihan, tentu akan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan tubuh. Terutama pada bagian aliran darah yang tidak lancar.

2. Tumbuh bisul

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau ternyata kuning telur dapat menyebabkan tumbuhnya bisul. Ya, hal ini karena telur memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi lebih dari 3 butir setiap hari maka akan mengacaukan kadar minyak alami yang stabil pada lapisan kulit terdalam, sehingga menyebabkan munculnya bisul pada kulit. 

3. Asam urat

Jika anda memiliki masalah asam urat, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kuning telur, bahkan dilarang jika mengkonsumsi berlebihan. Hal ini karena kuning telur memiliki kandungan lemak dan zat fosfor yang dapat mengganggu kestabilan jumlah asam urat yang ada di persendian. Lemak pada telur mampu meningkatkan jumlah asam urat. Sehingga dapat memperparah asam urat yang dialami.

4. Mual

Kuning telur memiliki kandungan gas yang cukup tinggi, sehingga akan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Kandungan gas tersebut akan membuat perut anda terasa mual. Jika anda mengkonsumsi kuning telur, imbangilah dengan mengkonsumsi sayuran secara teratur. Jika tidak, kandungan gas yang ada pada telur dapat menimbulkan iritasi pada lambung yang akhirnya dapat menyebabkan mual.

5. Berat badan mudah naik

Kuning telur juga bisa menyebabkan berat badan seseorang menjadi naik lebih cepat. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat dan lemak di dalamnya. Mengkonsumsi 3 butir kuning telur setiap harinya akan mampu meningkatkan berat badan lebih cepat. Tubuh akan mengalami penumpukan lemak dan metabolisme pun bisa terganggu.

6. Kadar gula darah mudah meningkat

Kuning telur juga memiliki kadar gula darah. Jika mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan maka bisa menyebabkan penumpukan kadar gula darah dalam tubuh. Jika berlangsung terus menerus, maka bisa menyebabkan seseorang terserang diabetes. Oleh sebab itu jangan makan kuning telur berlebihan, khususnya bagi penderita diabetes.

7. Mengganggu hormon pria dan wanita

Kandungan lemak dan kolesterol yang terdapat dalam butir kuning telur dapat mengganggu kestabilan hormon pria dan wanita. Kondisi ini akan mengganggu kesuburan seseorang. Jika dikonsumsi berlebihan, maka hormon tersebut akan terganggu dan menjadi bermasalah.

8. Timbul jerawat

Jerawat bukan hanya disebabkan karena polusi udara saja, tapi juga bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, salah satunya adalah kuning telur. Mengkonsumsi kuning telur berlebihan dapat menyebabkan kulit seseorang muncul jerawat, bahkan pada kulit yang kering sekalipun. Lemak dan kolesterol dalam telur berpotensi menyumbat pori pori kulit dan meningkatkan debit minyak yang ada di permukaan kulit wajah sehingga memicu kulit wajah menyerap radikal bebas atau polusi udara yang ada di luar.


Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


Demikianlah Artikel Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan dengan alamat link https://ruangkesehatanku.blogspot.com/2017/04/manfaat-dan-bahaya-kuning-telur-bagi.html

0 Response to "Manfaat dan Bahaya Kuning Telur Bagi Kesehatan"

Post a Comment