Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan - Hallo sahabat Berbagi info kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ikan, Artikel Makanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan
link : Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan

Baca juga


Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan

Manfaat dan bahaya ikan tuna untuk kesehatan - Ikan tuna adalah salah satu hewan laut yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ya, berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalamnya membuat ikan ini banyak dipilih orang untuk dijadikan bahan utama sajian masakan yang spesial. Bahkan telah banyak restoran yang menyediakan menu masakan ikan tuna.

Berbicara tentang ikan tuna, banyak kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti kalori, protein & amino acid, karbohidrat, vitamin, lemak & mineral. Semua kandungan tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam takaran pas. Artinya, tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebab, ikan tuna juga dapat memberikan efek bahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.
Ikan Tuna Hasil Tangkapan di Laut Pacific

Dari banyaknya kandungan yang ada dalam ikan tuna, memang dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, namun juga bisa memberikan efek buruk jika berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat dan bahaya ikan tuna bagi kesehatan:

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan

1. Ikan tuna sebagai Sumber protein

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dan kandungan protein ini baik untuk membantu membantu menjaga otot-otot agar tetap kuat dan terjaga kesehatannya. Protein juga baik untuk darah, kulit, rambut dan kuku. Dengan mengkonsumsi secara rutin akan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan otot, kulit, rambut, dan bagian tubuh lainnya.

2. Sistem imunitas tubuh

Kandungan selenium di dalam ikan tuna dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin, maka kita tidak perlu takut terjadinya penurunan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh adalah bagian integral untuk melawan penyakit dan infeksi.

3. Ikan tuna  mampu mengurangi dan mencegah obesitas

Ikan tuna juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko obesitas sekaligus meningkatkan respon insulin tubuh. Asam lemak tersebut dapat membantu merangsang hormon leptin, sehingga metabolisme akan lebih lancar serta berat badan akan lebih terkontrol. Tuna juga rendah kalori dan terdapat lemak baik, sehingga cukup baik bagi orang yang takut gemuk.

4. Ikan tuna mampu mengurangi risiko alzheimer

Penyakit alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang mematikan. Biasanya alzheimer menyerang orang yang sudah lanjut usia. Mengkonsumsi ikan tuna rutin akan mampu membantu menjaga neuron materi abu, yakni bagian di otak yang terkait dengan memori dan kognisi. Berdasarkan penelitian, bahwa mengonsumsi ikan yang dipanggang atau dikukus, tidak digoreng, memiliki otak lebih besar dan sel-sel yang yang lebih besar di daerah otak yang bertanggung jawab untuk mengingat dan belajar. Volume otak yang semakin besar akan mengurangi resiko alzheimer.

5. Ikan tuna mampu menghilangkan depresi

Bagi anda yang sering mengalami masalah dan terkadang sulit untuk mengendalikan pikiran dan perasaan, anda bisa memanfaatkan ikan tuna. Omega 3 dalam ikan lebih efektik mengobati depresi daripada resep medis antidepresan. Hal ini ditemukan berdasarkan penelitian yang ada.

6. Ikan tuna mampu Meningkatkan perkembangan otak

Seperti penjelasan pada poin 4, bahwa ikan tuna memiliki kandungan asam lemak esensial omega 3 yang dapat membantu mencegah penyakit otak dan dapat meningkatkan kinerja otak. Ikan tuna juga kata akan nutrisi dan zat gizi yang baik untuk perkembangan otak sang anak. Berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa anak yang rutin mengkonsumsi tuna dapat meningkatkan perkembangan otak lebih cepat dan baik.
Tuna Sushi

7. Ikan tuna mampu menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata sangatlah penting untuk dijaga. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin. Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mencegah katarak. Pada usia 50 tahun keatas anda bisa terhindar dari resiko katarak jika di usia muda rutin mengkonsumsi ikan tuna.

8. Ikan tuna mampu mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan. Untuk mencegah agar terhindar dari penyakit ini, anda bisa mengkonsumsi ikan tuna secara teratur ikan tuna. Karena bisa mencega berbagai macam penyakit kanker. Selain itu, lemak ikan tuna ini juga dipercaya dapat mencegah kanker ginjal.

9. Ikan tuna Mencegah tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa anda cegah dengan mengkonsumsi ikan tuna. Kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti tuna dapat membantu menjaga tekanan darah agar stabil.

10. Ikan tuna mampu Mencegah stroke

Untuk mencegah datangnya strok, konsumsilah ikan tuna secara rutin. Ikan Tuna dapat membantu menghindarkan anda dari risiko stroke. Studi menunjukkan bahwa remaja yang mengkonsumsi 1-4 porsi ikan sebagai bagian dari pola makan mereka memiliki risiko 27% lebih rendah terserang stroke iskemik. Oleh sebab itu, konsumsilah ikan tuna dengan rutin.

11. Ikan tuna baik untuk kesehatan jantung

Selain mencegah stroke, ikan tuna juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Fungsi jantung dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin. HRV dalam jantung juga akan lebih meningkat dengan rutin makan ikan tuna. Asam lemak Omega-3 juga melindungi jantung dari irama jantung abnormal yang dapat berakibat fatal. Sangat baik untuk anda, khususnya bagi orang yang mengalami masalah jantung.

Bahaya ikan tuna untuk kesehatan

Ikan segar hasil tangkapan di alam umumnya sehat dan tidak membahayakan kesehatan. Tetapi kadangkala penanganan setelah ditangkap, menyebabkan ikan tidak lagi segar. Tempat penyimpanan ikan di kapal sebelum diturunkan, haruslah berupa cold storage yang terus menerus mampu membuat ikan beku.  Karena bila tidak akan mengundang bakteri salmonela.  Bakteri inilah yang membahayakan kesehatan karena akan menyebabkan sakit perut.

Tips 

Cara memilih ikan yang masih baik dan segar


  1. Warna kulit terang dan cerah.
  2. Daging ikan bila ditekan terasa kenyal.
  3. Mata jernih menonjol dan cembung*.
  4. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas.
  5. Insang berwarna merah.
  6. Sirip kuat.
  7. Kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Dan tidak berbau busuk.


*Untuk warna mata, tekstur dan warna ikan, tergantung pada jenis ikan


Squalene - Menjaga kesehatan jantung



Demikianlah Artikel Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan dengan alamat link https://ruangkesehatanku.blogspot.com/2017/05/manfaat-dan-bahaya-ikan-tuna-untuk.html

0 Response to "Manfaat dan Bahaya Ikan Tuna untuk Kesehatan"

Post a Comment